Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala Leukimia pada Anak dari SehatQ.com

Leukimia merupakan salah satu varian dari penyakit kanker yang bisa terjadi akibat sel di sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan normal dan membuat sel darah putih lebih banyak. hal ini membuat fungsi pada tubuh menjadi terganggu serta menimbulkan beberapa gangguan.

Gejala Leukimia pada Anak dari SehatQ.com

Penyakit leukimia sendiri bukan hanya menyerang orang dewasa melainkan juga anak-anak. Berdasarkan data globa dari WHO (World Health Organization), menyebutkan pada tahun 2018 kasus kematian di Indonesia mencapai 1.3498 dari segala usia. Berikut beberapa gejalanya:

1.  Terjadinya Pembengkakan Pada Beberapa Area Tubuh

Sel leukemia yang terkumpul pada kelenjar getah bening bisa mengakibatkan pembengkakan pada area tertentu. Timus membesar juga bisa menekan bagian vena yang menyebabkan darah menggumpal. Ciri khususnya yakni muncul pembengkakan pada wajah dan lengan.

Leukimia pada Anak
Akibatnya pada bagian kepala, lengan, dan dada bagian atas akan berubah warna menjadi merah kebiruan. Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami rasa sakit pada bagian kepala dan pusing berlebihan. Gejalanya sendiri bisa muncul secara tiba-tiba, jadi Anda harus lebih hati-hati.

2.  Nyeri Tulang Sendi

Darah putih yang dihasilkan secara berlebihan membuatnya menumpuk, karena melebihi kebutuhan normal tubuh manusia. Gejala bisa muncul nyeri pada tulang dan sendi baik ringan maupun berat. Bahkan pada kondisi lebih parah anak akan mengalami sakit punggung bawah atau pincang.

Nyeri yang mereka rasakan tentu akan menyiksa dan membuat semangatnya menurun. Sebelum lebih parah, ada baiknya mengkonsultasikan dengan ahlinya supaya mendapatkan penanganan dengan tepat. Perlu Anda ketahui sebagian besar penanganan kasus ini membutuhkan biaya lebih.

3.  Terjadinya Infeksi yang Sering

Leukimia bisa terjadi akibat tulang belakang memproduksi sel darah putih secara berlebihan. Fungsi awal bagian tubuh ini adalh untuk melawan infeksi namun leukosit yang belum matang tidak dapat melakukan tugas dengan baik. Gejala umumnya adalah menjadikan sistem imunnya lemah.

Seorang anak yang terkena leukimia akan mudah terkena infeksi dengan tanda-tanda berupa demam, batuk, pilek, dan sesak napas. Jika biasanya mudah mereda, berbeda dengan masalh kesehatan satu ini yang akan muncul sering dan tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.

4.  Sakit Perut dan Nafsu Makan Memburuk

Sel-sel leukemia yang menumpuk di limpa, ginjal, dan hati bisa menimbulkan sakit pada bagian perut. Oleh sebab itu saat anak mengeluhkan gejala tersebut jangan diabaikan, segera lakukan pemeriksaan. Anda juga bisa melakukan konsultasi melalui website resmi SehatQ.com.

Gejala ini diperkuat dengan perut yang semakin membesar, sehingga menjadikannya mudah dibedakan dengan gejala kondisi medis lainnya. Hal ini akan berakibat menurunkan berat badan anak secara drasti dan umumnya mereka akan terlihat seperti pucat dan kurang bersemangat.

5.  Memar dan Berdarah

Saat tubuh anak terbentur, maka seringkali akan timbul gejala memar yakni warna kulit berubah kehitaman dan seperti ada darah membeku. Pada saat tertentu misalnya terkena paparan suhu ekstrim baik panas atau dingin akan membuat hidungnya mengeluarkan darah segar.

Kondisi tersebut lebih dikenal dengan mimisan yang umumnya akan terjadi lebih sering dan mudah dibandingkan orang kebanyakan. Hal ini timbul diakibatkan pembuluh darah kecil yang mengalami pendarahan. Umumnya ketika terkena benda tajam darah akan mengalir dan sulit dihentikan.

Demikian penjelasan mengenai gejala leukimia pada anak dari SehatQ.com yang sangat perlu diketahui supaya bisa mendapatkan penanganan secepatnya. Meski beberapa gejala hampir sama dengan masalah kesehatan pada umumnya, namun tingkat kesakitannya berbeda.